Penyakit wasir yang di sebut juga dengan penyakit ambeien. (Pembengakan Anus) Merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. (Pembengakan Anus) Banyak sekali yang sudah mengalami penyakit ini. Penyakit yang sangat menjengkelkan dan sering mengganggu seseorang.

Penyakit wasair atau sering orang katakan dengan penyakit ambeien adalah merupakan penyakit yang terjadi di sekitar anus. Dan di sebabkan karena pembengkakan atau peradangan pembuluh darah. Wasir ini sanagt menyakitkkan, Nmaun wasir umumnya dapat sembuh. Jika di jika melakukan pengobatan atau pencegahan secara rutin.

Wasir atau ambeien yang terlambat di tangani. Atau di obati pastinya akan membuat wasir semakin membengkak, iritasi dan infeksi. Penyakit wasir merupakan penyakit yang sanagt kambuhan. Penyakit ini biasanya menimbulkan rasa nyeri. Jika akan kambuh, jika tidak menghindari penyebabnya.


Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Wasir (Pembengakan Anus)


- Duduk dalam jangka waktu yang lama (Pembengakan Anus).
- Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.
- Masa kehamilan.
- Obesitas atau kegemukan.
- Hubungan seks anal.
- Jarang meminum air meineral.
- Tidak rutin olahraga.
- Sering mengangkat bebena ynag berat.

Pembengkakan Pada Anus. Apakah Wasir?

Ciri - ciri wasir yang sering meuncul.

- Rasa sakit ketika buang iar besar.
- Keluar lendir setelah baung air besar.
- Terjadi pendarahan pada saat buang air besar.
- Timbul benjolan di bibir naus.
- Anus membengkak.

Komplikasi Wasir (Pembengakan Anus)


Wasir yang sudah parah dan tidak segera di tangani. (Pembengakan Anus) Maka akan mengakibatkan komplikasi wasir. Berikut komplikasi yang terjadi pada wasir :.

1. Luka dengan rasa sakit yang hebat. Sehingga penderita takut mengejan. Atau bahkan takut untuk buang air besar. Karena itu, tinja makin keras dan makin mepebeat luka di anus.

2. Infeksi pada daerah luka tadi sampai terjadi nanah. Dan fistula (saluran tidak normal) dari selaput lendir usus/anus.

3. Pendarahan akibat luka. Bahkan dapat mengakibtan anemia, jiak sering mengalami pendarhan.

4. Jepitan, benjolankeluar dari anus. Dan terjepit oleh otot lingkar dubur. Sehingga tidk dapat masuk lagi. Sehingga tonjolan menjai merah, makin sakit, dan besar. Dan jika tidak ditangai akan emnjadi  busuk.

5. Stangulata Wasir, komplikasi ini terjadi karena suplay darah le wasir internal terputus. Pada konsisi ini kemungkinan wasir terjepit yang mana menimbulkan rasa sakit luar biasa. Komplikasi ini di ketahui juga memiliki risiko gangren atau kematian jaringan. Agar tidak menyebabkan komplikasi obati sedini mungkin dan secara tuntas wasir yang di derita.

Tahapan Peningkatan Wasir (Pembengakan Anus)


Dr. Ari Fahrial Syam dari Divisi Gastroenterologi. Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Menyatakan, tingkat keparahan wasir di bagi  menjadi 4 stadium sebagai berikut :.

- Stadium 1 : Mulai terjadi pembesaran vena di anus. Ukurannya masih sangat keclsehingga biasanya belum menimbulkan gejala apapun. (Pembengakan Anus) Baru bisa terdeteksi ketika di periksa dengn endoskopi. Namun terkadang sudah menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air besar.

- Ambeien stadium 2 : Pembesaran vena sudah mulai dapat di raba, bisa kluar dari anus dan amsuk kembali secara sepontan dengan sendirinya, namun belum ada pendarahan. Terkadang terjadi infeksi yang mengakibatkan rasa panas dan gatal di anus. Terkadang terjadi infeksi yang mwngkibatkan rasa panas dan gatal di anus.

- Benjolan stadium 3 : Pembesaran vena lebih sering keluar anus, bahkan sudah tidak mampu di masukan kembali secara sepontan. maka untuk itu harus perlu bantuan dorongan jari untuk memasukan kembli kedalam anus. Saat terjadi kontaksi, vena yang membesar bis apecah dan menimbulkan pendarahan.

- Wasir stadium 4 : Pembesaran vena sudah tidak dapat dimasukan kembali meskipun dengan bantuan jari. Pendarahan terjadi semakin sering lantaran vena yang semkin memebesar, hingga mungkin dapat membuat penderitanya kekurangan darah atau penurunan hemoglobin (HB).

Cara Mencegah Wasir (Pembengakan Anus)


1. Makan makanan kayak serat.
Memakan makanan yang kayak dengan kanudngan serat. (Pembengakan Anus) Akan menurukan resko timbulnya penyakit wasir. Serat membantu melunakan tinja dan membuatnya meudah di aliri keluar. Serat juga mengurangi masalah sembelit. Yang merupakan salah satu pemicu wasir.

2. Perbanyak cairan.
Menjaga tubuh tatp dehidrasi dengan baik akan sangat mempengaruhi tingkat keparahan wasir yang di alami. Perubahan gaya hidup ini membantu mengatasi sekaligus mencegah wasir. Asupan air dapat sanagt membantu menjaga tinja tetap lunak serta mengendalikan proses BAB. Mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit.

3. Jangan terlalu besar.
Wasir dapat di sebabkan oleh tekanan yang berlebih saat buang air besar. Cobalah untuk membuang air besar tanpa penekanan. Atau memaksa terlalu kuat. Karena tindakan ini dapat menimbulkan tekanan yang tidak perlu dan meperparah wasir.

4. Jangan duduk terlalu lama.
Anda terbiasa duduk jangka yang lama. Bangun dan berjalan-jalanlah sedikit. Tekanan konstan akan menimulkan atau memperparah wasir.



        Artikel             Terkait          

Atasi Penyakit Wasir - Segera!

Cara Mengobati Wasir "Tanpa Biaya Mahal"

Mengobati Wasir - Tanpa Operasi

M3engobati Wasir Tanpa Operasi

Ciri - Ciri Wasir | Buang Air besar Berdarah


 
MENGOBATI WASIR TANPA OPERASI © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top